Senin, 06 November 2017

OCN BLACK : Will Be Another Choi Ran's Cliffhanger? [PART 1]

BLACK! Drama yang baru tayang 8 episode di OCN untuk slot Sabtu-Minggu ini sukses bikin saya gila. Padahal pada awalnya, saya nggak memiliki ekspektasi apa-apa. Well—sorry to say, but I didn't like any of Go A Ra's projects before, even for Reply 1994.
Terlebih, selain nonton, saya sedang mencari proyek ngesub terbaru. Black masuk opsi karena saya percaya OCN—sebagai spesialis genre thriller dan menyukai gaya penulisan si penulis naskah : Choi Ran SW-nim. Yeah—it will be a lie if I say that Song Seung Hon doesn't take a part of it. Selain Black, saya mempertimbangkan Revolutionary Love [Kang So Ra, Choi Si Won, Gong Myung] dan Mad Dog [Yoo Ji Tae, Woo Do Hwan]. Di mana setelah menonton episode pertama ketiganya, saya membuat keputusan final dengan memilih Black.
Why? Revolutionary Love failed to catch my attention nor filled my expectation, whereas Mad Dog literally good but I know nothing about insurance field which is the main theme of this drama.
Okay, then. Let's start talking about Black. SPOILERS ALERT! PLEASE BE AWARE!
Black menceritakan tentang seorang Grim Reaper alias Jeoseung-saja alias Malaikat Maut yang jatuh cinta pada gadis bernama Kang Ha Ram, di mana membuatnya mulai melanggar aturan langit. [Sinopsis awal]
Nah, sinopsis yang lebih tepat adalah :
Kang Ha Ram merupakan seorang gadis—manusia—yang memiliki kemampuan melihat bayangan kematian. Ia selalu menutupi matanya dengan kacamata gelap agar berhenti menyaksikan bayangan-bayangan tersebut karena tahu orang-orang tidak akan memercayai ucapannya. Ia kemudian bertemu dengan Han Moo Gang : detektif di Kantor Polisi Seoun, yang benar-benar payah —di mana selalu muntah setiap kali melihat ; mayat, darah, dan sup jeroan. Sosok dan perkataan Moo Gang menghidupkan kembali ingatan Ha Ram tentang cinta pertamanya di Moojin : Joon. Tetapi, Han Moo Gang tidak mengingat apa-apa tentang hal itu meski terus mengenakan gelang pengikat jodoh pemberian Ha Ram ketika Joon hendak pindah dari Moojin ke Seoul.
Moo Gang kemudian mengetahui kemampuan Ha Ram dan mengajaknya menyelamatkan nyawa manusia. Tetapi, akibat suatu insiden yang menewaskan Moo Gang, tubuhnya kemudian dirasuki oleh Grim Reaper No. 444 dan membuatnya mulai melanggar banyak aturan langit, terutama keterlibatannya dalam masalah-masalah manusia.
Sebelum masuk ke pembahasan plot dan lain-lain, mari menelaah karakter-karakter dalam drama ini terlebih dulu (khusus untuk tokoh2 yang sudah muncul—bila ada tambahan tokoh baru yang menjadi secret weapon sebagaimana Mo Tae Gu di Voice dulu : yang nongol di poster pun enggak, nanti saya rilis artikel tambahannya).

1. Joon & Han Moo Gang
Awalnya, saya pikir mereka orang yang sama. Well, itu karena gelang pengikat jodoh dari Ha Ram yang seharusnya dipakai oleh Joon, dipakai oleh Moo Gang. Terus, perkataan Moo Gang soal mata Ha Ram juga sama persis dengan Joon. Tetapi, kecurigaan saya muncul karena Moo Gang sama sekali tidak ingat tentang Ha Ram. I mean, berapa orang sih di dunia ini yang punya kemampuan unik melihat kematian : kayak Ha Ram!? For sure, itu bukan kemampuan yang umum ataupun mudah dilupakan—tidak bahkan dengan seiring berjalannya waktu.
Dugaan awal saya, Han Moo Gang gegar otak serius dan kehilangan memori masa kecilnya. Soalnya, petunjuk dari penulis mengarah ke sana (yeah—I shouldn't trust any writer of this genre). Sebab, kadang kala, Moo Gang secara tidak sengaja bertindak sebagaimana Joon.
But, then, dia mati (atau tepatnya kemudian kita tahu arwahnya masih gentayangan lalu dikurung sama 007 & 416) dalam insiden penyanderaan sekaligus penembakan Nine PM, dan tubuhnya dirasuki 444.
Lantas muncul anak kecil lain yang selalu mengekori Joon saat masih di Moojin : baik dalam flashback ingatan Ha Ram maupun mimpi-mimpi (yang secara ajaib) didapat 444 selama 'bersemayam' di tubuh Moo Gang.
Dugaan lain pun muncul di benak saya!
Joon dan Moo Gang sedari awal bukanlah orang yang sama. Moo Gang tidak lain adalah anak kecil yang selalu bersama Joon dan tahu cukup banyak tentang diri Joon dan juga Ha Ram. Dan, Joon sudah lama meninggal—mungkin saat dia masih kecil.
Saat masih anak-anak, keduanya (Joon dan anak kecil itu) sama-sama terlibat dalam kasus besar di Moojin. Kemungkinan, si kecil yang penakut itu meluluskan keinginan Joon (yang meninggal duluan) untuk menjadi detektif ; di samping dia ingin menguak misteri kampung halaman mereka. Dia juga menyimpan banyak barang-barang Moo Gang karena menurut asumsi saya, mereka adalah saudara angkat yang mana ibu Moo Gang mengadopsi Joon yang merupakan seorang (maaf) putra pelacur.
So, masalah identitas mereka berdua, saya anggap clear.

2. Grim Reaper 444/Black
Karakter yang bikin sebel banget di awal-awal kemunculannya. LoL. He was really jerk at that time. No manner, impatient, arrogant, and selfish. Dia bilang, dia bukan manusia, jadi dia tidak punya darah—di saat dia disebut berdarah dingin, maupun hati—ketika dia dikatakan tidak punya hati. Diperparah kesombongannya yang selalu berpikir : I am descendant of upper world who born as pure Grim Reaper, so human has to obedient me. (My foot, sigh—I really want to punch him anytime he says something riddiculous like that)

[Though, I admit that Kim Tae Woo's performance as true form of 444 is very charismatic. He's literally a hot Ajeossi! With Reaper's suit and a cool hair style like that! *Scream]

Terus, situasi berubah jadi konyol (dan rada2 cabul) dengan kelakuan si 444 yang nggak ada beres-beresnya. Makan jeroanlah, cuek makan di TKP pembunuhanlah, nggak bisa (maaf) kencing dengan benarlah, plus ngumbar 'area pribadi' Moo Gang kemana-mana. As 007 said : “You've watched human being for a long time, can't you just act like them—normally?”
Kemudian, pertanyaan tentang identitas asli 444 pun muncul seiring dia yang beberapa kali mendapat mimpi/ingatan yang dia asumsikan milik Moo Gang. Kenapa dia mulai bermimpi seperti manusia? Hanya karena dia terlalu lama mendiami tubuh Moo Gang? Not that, I think.
Saya akhirnya teringat episode pertama, saat Han Moo Gang (saat itu sudah memakai setelan hitam yang selalu 444 pakai setelah merasuki Moo Gang) menceburkan diri ke laut dan memegangi tengkorak dalam mobil di dasar laut, kemudian bertanya pada dirinya sendiri apakah itu dia atau bukan. Jadi, adegan itu sebenarnya di masa depan dan semua kejadian (setidaknya sampai episode 08 ini) merupakan kilas balik. Di adegan itu juga, secara eksplisit, kita diberi petunjuk bahwa 444 pun dulunya adalah manusia (sebelum... mungkin bereinkarnasi) menjadi Grim Reaper. Cuma, karena dia tidak mati bunuh diri, dia tidak punya ingatan masa lalu dan berpikir dirinya tidak pernah menjadi manusia.
Lalu, siapa dia? Saya punya tebakan kasar bahwa dia Joon yang sebenarnya. Somehow, Joon dead at young age—either killed by someone or a car accident.
Karena kalau dia Joon, maka puzzle-nya cocok. Takdir atas janji yang dia buat dengan Ha Ram (ditambah kekuatan magis gelang pengikat jodoh), mengantarkannya kembali ke hadapan gadis itu. Saya rasa, selama janji untuk menikah belum terpenuhi, keduanya akan terus dipertemukan lagi—tidak peduli bagaimanapun kondisinya ; sekalipun satu manusia satu bukan.
Soal Ha Ram yang tidak bisa melihat sosok 444 di dalam tubuh Moo Gang, saya rasa SW-nim akhirnya memberi petunjuk melalui episode delapan. Ada beberapa pengecualian dalam penglihatan Ha Ram, salah satunya adalah dia tidak bisa melihat kematiannya sendiri! Ya, 444 ditakdirkan menjemput jiwa Ha Ram. Jadi, bukan setelan hitam yang menjadi alasan Ha Ram tidak bisa melihat 444, tapi karena Grim Reaper itu yang bertugas menjemputnya.
Such a tragic fate, right? The one you love is someone who will take you to the afterlife.

3. Kang Ha Ram
Melihat bayangan kematian. Bukan berbentuk Grim Reaper yang menjemput manusia, tapi semacam kabut hitam. Bagaimanapun, kemampuannya super langka, 'kan? Siapa sih heroine kita ini sebenarnya? Petunjuk diberikan di awal episode dua, di mana pasangan pengantin baru naik mobil dan mengalami kecelakaan. Ada Grim Reaper duduk di jok belakang mobil. HANYA SATU! Jadi, saya rasa hanya salah satu dari pengantin itu yang tewas. Kemudian narasi 444 pun berbunyi : ˝Jangan pernah menatap mata seseorang yang sedang jatuh cinta ketika bertugas, karena akibatnya akan sangat mengerikan.˝
Tepat di saat? Sang Grim Reaper menatap mata si mempelai wanita! Dan ternyata, akibat yang dimaksud adalah si Grim Reaper bisa jatuh cinta! Kelihatannya, yang ditakdirkan tewas saat itu adalah si pengantin laki-laki. Alhasil, bukannya menjemput jiwa si pengantin pria, Grim Reaper itu malah merasuki tubuh tersebut dan menjadi suami si wanita yang kemudian diketahui sebagai IBUNYA KANG HA RAM!
Ditambah kata-kata ibunya yang sangat mengerikan ke Kang Ha Ram, bahwa dia seharusnya tidak lahir ke dunia. Bahwa segala sesuatunya dari awal sudah salah. (*kejam ya ibunya Ha Ram ini. Bagaimana bisa seorang Ibu—nggak peduli semengerikan apa pun anaknya, berkata sekejam itu!?)
Sehingga saya menyimpulkan, Ha Ram itu 1/2 manusia, 1/2 Grim Reaper. Itu sebabnya, dia memiliki kemampuan melihat bayangan kematian.
Soal pengecualian lain sebagaimana dia tidak bisa melihat Reaper di dalam tubuh Moo Gang, dia juga tidak bisa melihat Reaper dalam fisik ayahnya. Mungkinkah karena hubungan biologis di antara mereka?

To be continued (Part 2 as soon as possible)

Written by Ayra,
November 07, 2017.

0 komentar:

Posting Komentar