Selasa, 07 November 2017

OCN Black : Will Be Another Choi Ran's Cliffhanger? [PART 2]

Hello, let's continue talking about our crime-thriller-fantasy Black!
Nah, sebelumnya, saya sudah bahas 3 pemeran utama Black. Sekarang, mari kita lanjut (lagi) menelaah tiap-tiap karakter yang rupanya saling berhubungan. Bahkan setiap korban tewas dalam drama ini pun berguna mengantarkan kita pada petunjuk baru. As always, Choi Ran SW-nim! Jjang!
4. Oh Man Soo
Well, as same as Kim Tan from The Heirs, this pretty man is an illegitimate son of a chaebol (*read conglomerate). Berbeda dari 444 yang mengakusisi tubuh Moo Gang dan kemudian mengubahnya dari cowok manis menjadi super nyebelin (tapi banyak ngakaknya *LoL), Man Soo adalah tipe second lead yang manis. Awalnya saya bertanya-tanya, harus banget kah menghidupkan second lead syndrome di drama thriller begini? Dan, kemudian, SW-nim menunjukkan bahwa he's not as good as his appearance. [Jangan salah paham, saya tidak merujuk pada insiden Tiffany. I'm pretty sure that Oh Man Soo is not the culprit of Tiffany's case. Kenapa saya yakin banget? Penjelasannya akan saya paparkan di bagian telaah plot. Not here!]

Maksud saya dia nggak sebaik atau sepolos penampilannya adalah fakta dia tahu Ha Ram sangat membutuhkan fail ayahnya, tetapi justru memanfaatkan hal tersebut demi keuntungannya. Menilik masa lalu Man Soo, terutama tekanan kakak tirinya, saya menjadi tidak bisa menyalahkan dia, tetapi juga tidak dapat menerima sikapnya yang memanfaatkan situasi Kang Ha Ram. But, well—there is nothing free in this crazy world, right!? Justru dengan sikapnya yang egois itu, penonton terselamatkan dari kemungkinan terkena second lead syndrome.
Saat pertama kali flashback Ha Ram bertemu si anak kecil yang selalu mengikuti Joon di depan alamat rumah Joon di Seoul, saya kira dia Man Soo. Tapi setelah dia muncul secara simultan di mimpi maupun kenangan 444, kemungkinan itu langsung terbantahkan.
Soal Man Soo ini, saya lebih penasaran soal ibunya. Kenapa tidak pernah diperlihatkan? Seolah dia tidak punya Ibu, atau mungkin malah tidak tahu siapa wanita yang sudah mengandung dan melahirkan dia. Kakak tirinya memang punya hak membenci Man Soo karena (mungkin) merasa hak waris yang seharusnya hanya miliknya sekarang harus dibagi—menilik karakter Man Ho yang tamak dan ambisius. Tapi, sikap antagonis Man Ho pada Man Soo ini seperti memiliki alasan lebih dari itu.
Saya ada dugaan lain lagi, tapi perlu kroscek umurnya si Man Soo ini. Dia lebih muda dari Leo, 'kan?
Bagaimana kalau dia ternyata anak salah satu (maaf) pelacur remaja yang melayani Ketua Oh?
Kalau benar, kebencian Man Ho yang berlebihan terkonfirmasi.
Sejauh ini, karakter Man Soo belum menjadi ganjalan berarti untuk saya. Just like... well, karakternya tidak ada pun sepertinya tidak masalah.

5. Yoon Soo Wan / Kim Sun Yeong
Um—yeah. Karakter ini menurut saya merupakan kunci dari hubungan semua karakter yang lain : Joon-Ha Ram-Moo Gang-The Mysterious Missing Finger Man dkk. Dia satu-satunya saksi di pihak protagonis—atas tragedi 20 tahun lalu, yang masih hidup. Dan yang paling utama, dia TERLIBAT LANGSUNG.
Dia adalah mantan (maaf) pelacur remaja. Tapi, dia melakukannya pun karena terpaksa dengan tekad membiayai kuliah kedokterannya. [Sekali lagi, penulis menampar kita dengan realita bahwa kadang untuk meraih sesuatu yang besar, kita juga harus mengorbankan hal yang setara.]
Sedari awal, melalui percakapannya dengan Clara (si mucikari), Soo Wan sudah mengenal ibunya Moo Gang; yang merupakan seorang dokter, sejak dia remaja dan masih memakai nama Kim Sun Young.
Dia kabur dari Moojin dan mengubah identitas, di mana tidak mungkin tanpa bantuan orang lain, yang membuat saya berpikir bahwa ibu Moo Gang lah yang menolongnya. Tapi, kenapa dan untuk apa? Siapa Soo Wan atau Sun Young ini sampai ibunya Moo Gang begitu menyayanginya?
Atau ibunya Moo Gang pun tidak tahu menahu kalau Soo Wan adalah orang yang sama dengan Sun Young? I don't know, I doubt it.
Saya tidak ingin (dan tidak bisa) menghakimi masa lalu Soo Wan, terlebih dia kelihatan mencintai Moo Gang dengan tulus, tapi bencana ini dimulai pun saya rasa sedikit banyak akibat kebungkaman Soo Wan. Dia mencoba menyelamatkan dirinya sendiri tanpa peduli banyak orang yang mati karenanya. Tapi sekali lagi, dia pun bertarung melawan rasa sakit dan ketakutannya yang tidaklah kecil. (Sigh)
Intinya, begitu Soo Wan buka mulut, semua rahasia insiden Moojin (Time Mart & prostitusi remaja) akan terungkap secara keseluruhan.

6. Grim Reaper 007 & 416
Yuhuy!!! Tiba di dua karakter favorit saya di sini. 007 yang hobi banget nonton drama makjang, serta 416 yang cinta mati dengan musik hip hop.
Di episode kedelapan, saat menceritakan tentang Moojin Time Mart, 007—yang ikut bertugas menjemput jiwa2 korban bencana tersebut—sempat menatap kasihan ke arah 416. Dan sebelumnya ada flashback, anak kecil yang juga salah satu teman sekolah Joon saat SMP sekaligus salah satu korban Moojin Time Mart, hobi ngerap. Jadi, identitas 416 clear. Di mana kemudian juga mengantarkan analisa saya perihal identitas 444 sebelum menjadi Grim Reaper.
007 pun sepertinya tahu segalanya. He just pretend to know nothing. Dia ingat masa lalu 416 meskipun rekannya itu mati saat masih remaja. Jadi, bukan mustahil juga dia sebenarnya tahu identitas asli 444. Kalau penomoran mereka berdasarkan waktu mereka menjadi Grim Reaper, berarti 007 yang paling (tepatnya JAUH SANGAT) senior. Kemudian 416 yang mati muda pada dasarnya Seonbae dari 444. Dan kalau 444 benar adalah Joon, maka dia memang mati di usia muda (kemungkinan saat masih remaja juga).
Terus kenapa 416 hormat banget ke 444? Seperti disebut 007 dan diamini 416, 444 adalah Grim Reaper terbaik di antara yang ada. Skill mungkin membuat rangkingnya melesat jauh. (Yeah—kadang dalam kehidupan sehari-hari juga usia/senioritas tidak menjamin stabilitas posisi kita, 'kan? Ada banyak variabel. Kadang kemampuan di atas segalanya, tapi lebih sering lagi uang dan latar belakang yang menang. Sigh.)
Hal yang saya rasa masih misterius adalah empati yang dimiliki 007. Saya tidak yakin apakah empati itu terbentuk dari kebiasaan menonton drama makjang ataukah ada faktor lain. Tapi entah bagaimana, saya rasa dia memiliki ikatan juga dengan tragedi Moojin. Entah berhubungan langsung dengan tragedi Moojin (dalam bentuk kehidupan manusia sebelum menjadi Grim Reaper) atau sedari awal tragedi dimulai, dia sudah ada di sana sebagai Grim Reaper dan jauh dalam dirinya muncul harapan agar misteri Moojin sepenuhnya terungkap.

8. The-Missing-Finger-Man
Percayalah, ini teori konspirasi paling berbahaya yang pernah saya buat. Si psikopat yang kehilangan jari tengah ini entah kenapa bikin saya teringat ke Seung Chul ; salah satu teman baiknya Joon pas remaja. Di episode 08 memang petugas yang membawa dia ke ibunya Moo Gang (di IGD RS Moojin) bilang Seung Chul sudah tewas. Tapi tangannya terpotong (Maaf ya saya ini kurang yakin itu tangannya atau jarinya doang. Soalnya di video kan diblur).
Saya rasa, bukan tanpa alasan ditegaskan berkali-kali kalau dia kehilangan jari tengahnya. Bisa jadi, somehow dia masih hidup, terus berubah jadi jahat karena beberapa alasan (like a brainwash or something, maybe).
Bakalan jadi takdir yang super kejam kalau ternyata dia memang Seung Chul, lalu 444 itu Joon, dan mereka pada akhirnya harus saling membunuh padahal dulunya sahabat baik.
We will see.

9. Moo Gang's Mother
Ibunya Moo Gang ini... entahlah. Dia selalu dicitrakan sabar dan menyayangi anaknya, tapi di balik itu, saya kok merasa dia ini cukup mengerikan, ya?
Ingat quote drama Lookout : “Kasih sayang orang tua dapat mengerikan bila berlebih maupun kurang.”
Ibunya Moo Gang ini mungkin saking sayang sama anaknya, jadi nggak punya pilihan kecuali terlibat dalam skandal Moojin. Who knows? Siapa yang bisa menjamin kalau misalnya nyawa Moo Gang yang dipertaruhkan, dia nggak akan ragu membunuh Joon dan menyamarkan jadi kecelakaan? Yeah—ini teori konspirasi lagi. Soalnya, Mr. X yang merupakan bos si Missing Finger Man itu bilang kan di awal episode 7 kalau Moo Gang tidak boleh dibunuh karena seseorang yang disebut sebagai ‘orang itu’ bisa marah. Bagaimana kalau itu ibunya Moo Gang yang memegang bukti penting dan dapat membahayakan mereka?
Lho, terus kok di awal-awal episode Moo Gang coba dibunuh terus? Mungkin karena saat itu mereka butuh retina Moo Gang buat ngebuka ruangan rahasia di rumah yang ditempatinya. Dan mereka selalu mencoba melakukan pembunuhan tidak langsung yang mudah disamarkan sebagai kecelakaan. Sedangkan di jembatan itu? LANGSUNG DAN DI TEMPAT TERBUKA YANG DENGAN MUDAH BISA MEMUNCULKAN SAKSI MATA.
Pertanyaan lain yang muncul di benak saya tentang karakter ini muncul dari percakapan antara Clara dan Sun Young (So Wan). Sebelum merekam video, mereka membahas tentang ibunya Moo Gang yang saat itu berada di penjara. Kenapa? Ataukah sebenarnya tidak dipenjara dan hanya menyembunyikan diri untuk alasan tertentu? Melahirkan... anak rahasia. Mungkin?

—To Be Continued (lagi)....

Written by Ayra.
08 November 2017.

0 komentar:

Posting Komentar