Senin, 13 November 2017

[Update OCN Black Episode 09 & 10] Dan Antagonis Sebenarnya Adalah....

OH MY GOD! My bad! Bisa banget gitu saya lupa kalau 444-nim itu ngerasukin Moo Gang buat ngejar Loser (Pecundang) ; rekannya yang kabur pas disuruh melakukan penjemputan sendirian. Dan saya teringat ketika akhirnya Ajeossi Dokter (how we should to address him? kekasih rahasia ibunya Han Moo Gang?) mengambil kapsul tugas 444-nim dari dalam boneka. He definitely can see through the capsule! Sebagaimana 007-nim bilang, manusia biasa hanya akan melihatnya sebagai kapsul kosong, tetapi Malaikat Kematian tahu isinya. It's mean, Ajeossi Dokter itu juga dirasuki Malaikat Maut!

Pertanyaannya? Apakah dia Loser? Saya ragu. Dia merasuki seorang dokter dan tampak bekerja seperti biasa, loh. Sedangkan Loser? Well, saya tidak tahu ini tipuan lain Choi Ran SW-nim atau memang begitu adanya bahwa sosok Loser ini sangatlah lemah. He didn't look as smart person at all. Dokter, apalagi kelihatannya jabatan Ajeossi Dokter itu lumayan penting, saya rasa seorang spesialis. Paling tidak, sekali atau dua kali dia akan terlibat langsung dengan penanganan pasien. Kalau dia tidak punya ketrampilan khusus, bagaimana dia akan bekerja?
Itu dapat diatasi kalau ternyata semasa hidup Loser pernah menempuh pendidikan medis, di mana mungkin dia keluar akibat tidak dapat membayar biaya kuliah atau semacamnya. Sehingga paling tidak dia dapat memberi penanganan medis ringan. As long as you have the basic, it will be fine.
Tetapi, teori itu terganjal dengan adegan pada episode 2 di mana Han Moo Gang mengalami insiden penembakan di mana kemudian tubuhnya diakusisi oleh 444-nim, si Ajeossi Dokter mempelajari file Moo Gang dan ketika ibunya Moo Gang masuk, mereka berpelukan tanpa canggung. Hari itu adalah kali pertama Loser kabur. Paling tidak, dia membutuhkan beberapa penyesuaian, ‘kan? 444-nim yang disebut terbaik dalam bidang itu saja awal-awal agak stupid nan konyol. Ini kok Loser yang... yeah—sebutannya saja sudah PECUNDANG, bisa beradaptasi secepat itu? Dan kalau memang dokter itu dirasuki Loser, betapapun ingin dia membalas dendam pada Leo, apa dia tidak canggung sama sekali berpelukan dengan wanita yang seusia dengan ibunya?
Lagi pula, kalau dia ingin membalas dendam pada Leo, dia memiliki banyak kesempatan. Dari percakapan di kamar RS Leo episode 09, disebut dia juga merawat Leo saat sakaw di kamar hotel (tepat pada hari Joon mengalami insiden penembakan sekaligus hari di mana Loser juga menghilang). Kalau saat itu dia sudah merasuki sosok dokter tersebut, dia bisa membunuh Leo diam-diam kapan saja.
Namun, kalau bukan Loser, kenapa dia rajin membeli dagangan ibunya Loser, memberi uang saku adiknya Loser, juga mengirim sesuatu ke kotak surat Leo yang kemungkinan surat ancaman berdarah itu?
I don't get it. Jadi siapa sebenarnya Grim Reaper yang merasuki Ajeossi Dokter itu? Kemungkinan dia adalah Loser bagi saya sekitar 60:40.

Kenyataan Grim Reaper lain saat ini memegang kapsul kematian Ha Ram membuat munculnya kemungkinan sad ending yang sebelumnya tidak saya sertakan. Kemarin, saya masih berpikir bahwa hanya 444-nim yang bisa menjemput jiwa Ha Ram. Terlebih, kemungkinan Ha Ram mati (terbunuh atau di luar keinginannya) sangat kecil karena dua kali kita menyaksikan bahwa Ha Ram terhindar dari kematian yang tidak dia inginkan dengan memanggil ayahnya.
Tapi sekarang, kapsul itu berada di tangan Malaikat Maut lain. Bila Malaikat Maut itu mendendam pada 444, maka kapsul tersebut bisa dijadikannya sebagai media pengancaman. Dia tentu tidak dapat membunuh Ha Ram (dan tidak memiliki alasan darurat melakukannya), tetapi 444 tidak (atau belum) tahu Ha Ram dapat menghindari kematian dan mungkin dapat jatuh ke dalam perangkap karena perasaannya yang sudah akut kepada Ha Ram. Mungkin dia ingin 444-nim mendapat hukuman berat dari Pasukan Kematian?
[I think about it again and remember saw few of behind the scenes photos from Black. Dan, di situ, Kim Tae Woo ; perwujudan 444 sebelum merasuki Moo Gang, dirantai seluruh tubuh dan disiksa sosok-sosok bertudung hitam—yang tampak seperti Pasukan Kematian. Gambar itu dirilis sebulan lalu, jadi saya ragu juga adegan itu jadi tayang atau tidak.]
Bila 444-nim pergi sendirian dan Moo Gang tidak kembali hidup, bukan mustahil Ha Ram akan kehilangan semangat hidup dan memilih bunuh diri menyusul lelaki yang (masih) dia pikir cinta pertamanya. Sebab 444-nim disiksa dalam perwujudan sebelum merasuki Moo Gang, di mana berarti dia masih berstatus orang hilang—berdasarkan pemaparan 007 tentang tubuh 416 yang kembali pada bentuk semula sebagai anak-anak setelah tubuhnya ditemukan.
Wait, tenang dulu. Teori sad ending itu lemah sekali, kok. Karena bila SW-nim benar melakukannya, adegan di episode 1 yang mana 444-nim menemukan tubuhnya di dasar laut itu menjadi non sense. Bila penyiksaan Pasukan Kematian terjadi sebelum tubuh 444-nim ditemukan, maka artinya 444-nim kemudian mendapat pengampunan sehingga dapat menemukan tubuhnya. Tetapi bila terjadi sesudah, seharusnya dia disiksa dalam wajah aslinya, bukan wajah sebelum dia merasuki Han Moo Gang. Jadi, mari kita tetap berbaik sangka. LoL.

Kemudian, soal ibunya Moo Gang. Seoul Mom, the doctor. Entah kenapa, saya tidak merasa dia seseorang yang benar-benar baik. Juga tidak selalu berkata dengan jujur, termasuk ketika menceritakan identitas asli Joon dan kematiannya. Iya sih, di kilas balik menurut versi Ibu Seoul itu, mayat korban tabrak lari memakai gelang jodoh dari Kang Ha Ram. But, who knows kalau itu hanya permainan? Di mana korban tabrak lari itu dipalsukan sebagai Joon, ketika Joon asli meninggal tenggelam di dasar laut. Apalagi, dia kelihatan membenci ibu kandung Joon. Kalau benci ibunya, bisa saja dia juga membenci anak tirinya itu, 'kan?
Yeah, of course kita tidak dapat mengesampingkan kemungkinan cerita kecelakaan Joon itu benar dan ternyata siapapun yang tenggelam di dasar laut sebenarnya merupakan orang lain. Tetapi bila dibuat seperti itu, benang merah keseluruhan cerita seketika begitu lemah ; menjadi tidak masuk akal.
Dan juga, di episode 1 dikisahkan Moo Gang secara rutin mengonsumsi obat. Saya rasa ada masalah dengan jantung Moo Gang, karena beberapa waktu terakhir terus ditekankan jantungnya berpacu kencang atau juga terasa nyeri setiap kali melihat Soo Wan. Di akhir episode pilot di mana tubuh Moo Gang tergeletak telanjang di kamar jenazah pun, kita melihat ada semacam bekas jahitan di dada Moo Gang. Mungkinkah itu bekas jahitan operasi transplantasi jantung? Dan jantung itu adalah milik Joon.
Jika benar, maka reaksi jantungnya ketika melihat Soo Wan sebenarnya bukanlah "jantung kita menyadari seseorang yang ditakdirkan untuk kita" atau gombalan apa pun yang disebutkan Moo Gang kala itu, tetapi merupakan implikasi rasa sakit Joon di masa lalu akibat Soo Wan. Mungkin, dulunya Joon memang menyukai Soo Wan meski dia berjanji menikahi Ha Ram. Tetapi, Joon akhirnya mengetahui kehidupan kelam Soo Wan di mana kala itu masih Kim Sun Young yang terlibat prostitusi remaja. Moo Gang hanya salah mengartikan reaksi tersebut karena pada awalnya dia tidak tahu identitas asli Soo Wan.
Kemungkinan itu membuat saya berpikir bahwa Ibu Seoul ternyata lebih menakutkan. Saya juga masih yakin untuk beberapa alasan, dia terlibat dengan lingkaran setan Moojin.

Selanjutnya tentang penyebutan nama SENATOR NAM JOONG PYO sebagai sosok yang disebut backing Grup Royeol sekaligus kandidat terkuat dalam pemilihan Presiden mendatang. Bagi yang tidak ingat, di episode 1 & 2, dia disebut-sebut karena anaknya melakukan pelecehan seksual sesama jenis di militer. Saya pikir dia hanya karakter sepintas lalu, sampai kemudian ibu kandung Oh Man Soo muncul. Kyung Soo, yang disebut sebagai anaknya, diklaim mati secara tidak adil. Dia Prajurit korban pelecehan seksual putranya Nam Joong Pyo sekaligus penyandera Moo Gang bukan, sih? Jadi, anaknya mati (asumsikan bunuh diri) dan dikatakan menderita depresi?
Kalau benar, berarti Nam Joong Pyo adalah the real watch man. Dia berkuasa secara politik, sehingga cukup kuat untuk memanipulasi kematian Woo Byung Sik, mendukung Chunsu menjadi grup konglomerasi Royeol, serta memutar balik opini publik perihal skandal putranya. Dia juga bos the missing finger man.
Sigh. Dan mungkinkah video yang belum ditemukan ada rekaman dia menerima layanan seksual dari Sun Young yang masih di bawah umur? Atau mungkin percakapan berbahaya perihal insiden yang menghancurkan Moojin? Apa pun isinya jelas membahayakan posisi Senator, sehingga Clara dibunuh karena kehilangan video tersebut. Sedangkan Han Jin Sook mati karena mengancam Senator itu akan mempublikasikan isi video rahasia tersebut. As well as Soo Wan yang hampir mati juga karena isi rekaman video itu.
Yeah, meet our true villain here. Mr X yang sekarang dapat disebut sebagai Senator Nam Joong Pyo, augh!
Di sini juga menjelaskan bahwa pada insiden Man Soo, Man Ho hanya meminta tolong Senator Nam Joong Pyo membungkam Man Soo, di mana Senator yang memutuskan mengutus the missing finger man membunuh Man Soo, yang kemudian orang kepercayaannya itu menyuruh orang lain karena dia sibuk mengejar Soo Wan yang kabur.
(I feel bad for Man Soo. Di balik status chaebol, dia tidak menjalani kehidupan yang mudah. Sebentar lagi dia juga akan disalahkan karena telah menjual Asuransi Royeol, yang surat kesepakatannya dia cap jari di bawah siksaan Man Ho—hari di mana Sip Gyeon terbunuh.)

Di dua episode ini pun saya merasa sangat jengkel akan sikap Michin Gae. Dia tahu identitas asli Clara dan masih bersikap sesinting itu untuk mencari tahu pembunuhnya? Maaf kalau kesannya saya mendiskriminasi Clara yang seorang transgender, tapi sikap Michin Gae sudah di luar nalar saya. Kecuali sejak awal dia tahu Clara itu transgender, maka saya bisa sedikit menerima amarahnya yang meluap-luap akan kematian satu-satunya sosok yang pernah dia cintai itu. Tapi kalau tidak? Apa sedikit saja dia tidak merasa sakit hati karena ditipu oleh Clara? Sh*t. Saya tidak heran kalau Kapten Bong menyuruhnya memakai otaknya untuk berpikir. Dia benar-benar menjengkelkan minggu ini.
Juga soal Clara tewas, saya tidak yakin dia mati di gedung kosong itu karena Moo Gang. Ada orang lain yang membunuhnya setelah Joon, Moo Gang, dan Sun Young pergi. Sebab, tengkorak Clara ditemukan di gunung. Mungkinkah mereka bertiga yang memindahkan dan mengubur jasad Clara?
Soal sikap Moo Gang yang merahasiakan identitas tengkorak itu, saya bisa mengerti, karena bila identitas Clara terungkap, investigasi dapat terus berlanjut hingga titik masa lalu Soo Wan turut terungkap sekaligus hal-hal lain di masa lalu yang tampaknya menurut Moo Gang lebih baik tidak diketahui siapapun (sementara waktu).

Dan, terakhir. Penjelmaan 416 yang tiba-tiba berubah ketika tengkoraknya ditemukan. 007 menjelaskan itu karena tubuh 416 telah diketemukan dan bahwa tidak ada pure descendant of upper world sebagaimana pemikiran 444. Mereka semua dulunya manusia. Hanya saja, mereka merupakan orang-orang hilang yang tubuhnya belum diketemukan. Kemudian kita ditunjukkan bahwa salah satu mantan rekan 444 ; yang menyebutnya tidak punya hati dan berdarah dingin, merupakan perwujudan asli Clara ketika masih menjadi laki-laki. Banyak yang menyebut ini plot hole. Sebab bila teori itu benar, di hari yang disebut 444 sebagai hari penugasan terakhir rekannya tersebut, tengkorak Clara baru ditemukan. It means, dia berubah wajah tepat di depan 444. Bagaimana 444 bisa tidak menyadari ataupun bertanya-tanya akan hal itu?
Please, think it again. 444 ketika menemukan batu bergambar wajah Moo Gang yang dilukis Ha Ram mengatakan bahwa : "Aku berharap aku memiliki wajah juga."
Lalu, dia terkejut ketika melihat dokumen yang dilempar Michin Gae di mana wajah mantan rekannya merupakan wajah asli seorang manusia.
Ditambah narasi 444 di awal episode 3 bahwa memilih wajah yang akan disenangi manusia (enak dipandang mungkin maksudnya atau tidak menyeramkan) merupakan hal sulit.
Itu berarti, 444 tahu Grim Reaper dapat berubah wujud karena pada dasarnya mereka tidak memiliki wajah, hanya saja menurut aturan (yang dia yakini) mereka tidak bisa memakai wajah yang telah dimiliki manusia. Juga bahwa ketika Grim Reaper berubah wujud, itu tanda hari terakhir Grim Reaper itu bertugas.
Mengingat karakternya yang narsis dan arogan, 444 tidak akan repot-repot menanyakan hal yang dianggapnya tidak penting itu dan akan lebih suka berpikir bahwa Grim Reaper diberhentikan karena memang tidak kompeten. Dia yakin dirinya sangat kompeten, sebab itu masih bertahan sebagai Grim Reaper.
Sigh. Padahal seandainya dia mau sedikit saja kepo, dia akan tahu rahasia di balik perubahan wajah Grim Reaper adalah karena tubuh mereka yang hilang telah diketemukan dan ingatan manusia mereka—serta mungkin kemampuan berempati yang ikut muncul kembali—kemungkinan akan menghambat tugas sebagai Grim Reaper. Sebagaimana yang 444 katakan bahwa berpartner dengan mantan manusia (Grim Reaper yang bunuh diri dan memiliki semua ingatan kehidupan sebagai manusia) adalah hal terburuk karena empati mereka acap kali menimbulkan masalah.
Jadi, saya tidak menganggap fakta itu sebagai plot hole.
007 juga mengatakan penomoran mereka berdasarkan tanggal kematian. 416 tewas tanggal 16 April. Nah, penjelasan soal ini belum saya temukan. Nomornya 007, apakah dia tewas tanggal 7 sebelum kalender masehi ditemukan? Sehingga dia tidak memiliki bulan kematian? Lalu 444? Apa ada tanggal 44 April? Any idea?
Dari semua itu juga, saya menjadi semakin mencurigai identitas asli 007. Apa dia sungguh Grim Reaper? Atau penjelmaan lain dari sosok yang tahu segala sesuatu? I mean, terkonfirmasi bahwa dia tahu lebih banyak hal dibanding 444, hanya saja pura-pura tidak tahu. Dari pengalamannya yang sudah menjadi Grim Reaper dalam waktu yang sangat lama? Saya tidak yakin.
Kemudian terakhir, perkataan 007 bahwa mulai saat ini 444 harus mencari tahu identitasnya seorang diri membuat hati saya patah. Dia akan meninggalkan 444 dan tidak lagi di sisi rekannya itu? Ah... saya pasti akan sangat merindukan trio 007, 416, dan 444. Dengan menghilangnya sosok 007 dan 416, sepertinya kita harus menyambut era yang lebih kelam dalam drama Black.

—Written by Ayra
14 November 2017.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

tolong posting episode 7 yang subtitle indonesianya

Posting Komentar